Facebook Menghapus Grup yang Menyebarkan Berita Bohong

Facebook Menghapus Grup yang Menyebarkan Berita Bohong - Andrew Hidayat (AndrewHidayat.com)

Facebook Menghapus Grup yang Menyebarkan Berita Bohong – Andrew Hidayat (AndrewHidayat.com)

Bytes.IDFacebook Menghapus Grup yang Menyebarkan Berita Bohong. Facebook Inc menghapus ribuan akun, grup dan fp yang terindikasi telah menyebarkan berita bohong dan hate speech di Indonesia. Kurang dari enam bulan sebelum Pemilihan Presiden yang berlangsung bulan April mendatang.

Dikutip dari FoxNews, Pemilihan Presiden Indonesia merupakan pemilihan ke tiga terbesar di dunia sehingga hal ini menyebabkan facebook menghapus ribuan akun, grup, dan facebook page yang menyebarkan berita bohong dan hate speech di Indonesia.

Kepala Cybersecurity Policy, Nathaniel Gleicher mengatakan “Pada kamis lalu Facebook telah menghapus lebih dari 1.500 akun, grup dan facebook page.”

Begitu juga dengan instagram. Instagram telah menghapus 208 IG akun yang berafiliasi dengan Saracen Group, Sindikat online di Indonesia.” Ungkapnya

Nathaniel juga menyatakan, Facebook telah mencoba mengontak Saracen tapi tidak berhasil.

Beberapa anggota grup Saracen telah ditahan pada tahun 2016 kerena merupakan grup yang mempublikas dan menyebarkan berita bohong dan hate speech.

Pada tahun 2018, seorang anggota Saracen dijatuhi hukuman 32 bulan karena “intentionally spreading information to incite hate,” atau menyebarkan berita untuk ujaran kebencian. Begitu pula ujaran kebencia terhadap Presiden Joko Widodo, sementara yang lainnya di tahan karena hacking akun sosial media.

Indonesia akan melaksanakan Pemilihan Umum pada April 2019 mendatang, berjuang untuk mengatasi fake news dan hate speech yang menyebar di media sosial. Hal ini termasuk berita tentang jutaan pekerja yang berasal dari Cina yang diselundupkan, hal lainnya menarget politisi dan publik figure yang menyerang ras dan agama (SARA).

Berita-berita bohong ini menyebar dengan cepat melalui WhatsApp dan sosial media seperti Facebook dan Twitter.

Dikutip dari Techcrunch, Facebook telah menghapus 207 Facebook page, 800 akun, 546 Facebook Group dan 208 Instagram akun karena “engaging in coordinated iauthentic behavior.”

“Sekitar 170.000 orang mengikuti (Follow) salah satu halaman facebook (Facebok Page), dan lebih dari 65.000 mengikuti akun instagram dari halaman facebook ini.” Ungkap Facebook menanggapi penghapusan akun ini.

Reuters menyatakan, Grup dan akun ini berhubungan dengan Saracen Grup, sebuah digital media grup yang 3 anggotanya telah di tahan oleh polisi pada tahun 2016 karena menyebarkan “incendiary material” (berita bohong dan hate speech).

Facebook tidak mengatakan terlalu banyak mengenai penghapusan ini selain “Kami tidak ingin layanan kami digunakan untuk memanipulasi orang.”

Sumber: FoxNews & Techcrunch

Salam

Andrew Hidayat
Instagram Andrew Hidayat
Pinterest Andrew Hidayat
Twitter Andrew Hidayat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *