Polisi Albania Tangkap Kelompak Penyelundup Migran ke Eropa Barat






Jakarta
Polisi di Albania, Eropa Tenggara, berhasil mengungkap kelompok kriminal yang menyelundupkan migran ilegal. Setidaknya 8 orang ditangkap.

Dilansir dari Reuters, Kamis (13/6/2019) migran yang diselundupkan ini berasal dari berbagai daerah. Di antaranya Suriah, Turki dan Irak, para imigran ini dibawa ke Eropa Barat.

Polisi mengatakan, kelompok kriminal itu membawa para migran dari wilayah pegunungan di perbatasan selatan melintasi Albania. Nantinya para imigran ini masuk melalui Montenegro ke Utara, kelompok ini juga disebut melanjutkan ‘perdagangan’ ke sejumlah wilayah tetangga.


“Kelompok itu mendorong para migran dari wilayah pegunungan di sepanjang perbatasan selatan dengan Yunani, melintasi Albania dan masuk ke Montenegro ke utara,” ujar salah satu polisi.

“Di mana mereka tampaknya melanjutkan ke negara tetangga Kroasia, wilayah Uni Eropa terdekat, dan menunjuk lebih jauh ke utara dan barat,” sambungnya.

Pengungkapan kasus ini, disebut sebagai pengungkapan pertama terhadap perdagangan manusia. Kepala polisi perbatasan Albania, Eduart Merkaj mengatakan sebanyak 229 migran yang tidak memiliki dokumen telah dicegat.

Badan perbatasan Frontex Uni Eropa juga mulai berpatroli di perbatasan Albania dengan Yunani untuk memerangi migrasi ilegal dan kejahatan yang terorganisir.

“229 migran tidak berdokumen telah dicegat di sepanjang perbatasan Yunani, sejak Frontex dikerahkan pada 22 Mei,” tuturnya

(dwia/idn)






Source link






Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *