Waspada, Penyakit ini Mengincar Pemilik Smartphone

Waspada, Penyakit ini Mengincar Pemilik Smartphone - Andrew Hidayat (AndrewHidayat.com)

Waspada, Penyakit ini Mengincar Pemilik Smartphone – Andrew Hidayat (AndrewHidayat.com)

BytesIDWaspada, Penyakit ini Mengincar Pemilik Smartphone. Siapa yang tidak memiliki smartphone, dari sepuluh bisa jadi delapan orang memiliki smartphone.

Menurut survei yang dilakukan Pew Research Center, 92 persen orang dewasa memiliki ponsel dan 90 persen di antaranya mengaku telah ketergantungan dengan ponsel pintar, dan hampir sepertiga di antaranya tak pernah mematikan ponselnya bahkan saat tidur sekalipun.

Penyakit ini Mengincar Pemilik Smartphone

Untuk para pengguna smartphone berikut adalah penyakit yang akan mengintai kita, percaya atau tidak

Gangguan Kecemasan

Ponsel pintar ternyata membuat para penggunanya mengalami gangguan kecemasan Berapa lama anda bisa bertahan pergi ke suatu tempat tanpa membawa  smartphone ?

Apa yang anda rasakan saat mengetahui indikator batu baterai di HP anda menurun?

Apa yang anda rasakan saat tahu kalau tempat kita berada jauh dari sinyal?

Sindrome getaran dan  nada notifikasi ponsel

Seringkali kita menghidupkan getaran atau nada notifikasi untuk mengetahui apakah ada pesan atau tidak, tapi ini tapi ternyata saking ketergantungannya dengan ponsel, penggunanya berimajinasi adanya getaran meski faktanya hal itu tidak terjadi. Oleh peneliti, kondisi ini disebut sebagai sindrom getaran ponsel.

Nomophobia

Nomophopia adalah suatu jenis ketakutan baru yang terjadi jika seseorang tak memegang ponsel. Pada kondisi ini, seseorang akan merasakan gangguan kecemasan yang tinggi hingga detak jantung dan tekanan darah meningkat.

Bahkan tak sedikit dari mereka yang mengalami perubahan suasana hati menjadi emosional atau bahkan pemurung jika tak membawa atau harus jauh dengan ponselnya.

Fomo

Jika nomophobia memicu ketakutan awal saat harus jauh dari ponsel, maka fomo adalah akibat yang serius. Seseorang akan mengalami depresi ketika tidak diberi kesempatan untuk memegang ponselnya meski hanya lima menit.

Kebanyakan hal ini dialami oleh anak muda yang senang mengakses sosial media dan bisa beberapa kali membukanya dalam rentang waktu yang amat singkat. Menurut peneliti hal ini terjadi karena anak muda ketergantungan dengan sosial media yang membuat mereka tak bisa jauh dari ponsel.

Salam

Andrew Hidayat
Instagram Andrew Hidayat
Pinterest Andrew Hidayat
Twitter Andrew Hidayat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *